ASPEK MANAJEMEN
-
usaha kami akan dipasarkan secara online dan offline.
Online : Dimana kami akan menerima pesanan
melalui aplikasi Line dan melakukan pembayaran via Bank transfer dan
mengirimkan pesanan oleh Jasa kurir.
Offline
: Kami bekerjasama dengan koperasi di Sekolah, Universitas, dan Perkantoran.
Kami juga dapat membuka stand di event-event tertentu yang berkaitan dengan makanan.
Kami
juga menyediakan sistem COD untuk wilayah yang masih dekat dengan kantor kami.
-
Struktur Organisasi :
Ø Manajer : Dania Imron
Sebagai seorang manager, tugasnya adalah memiliki wewenang penuh terhadap setiap
pengambilan keputusan, merencanakan segala macam kebutuhan dalam usaha
ini dan mengorganisir serta mengontrol kinerja seluruh pegawai agar sesuai dengan
tujuan usaha.
Ø Bagian
Keuangan : Nur Ismiyati
Bertanggung jawab untuk
mengatur keuangan dan pengadaan barang atau produk.
Dalam
hal keuangan, tugas-tugasnya adalah :
·
Mengelola uang
pengeluaran dan pemasukan.
·
Menentukan harga jual barang atau produk.
·
Melakukan evaluasi (pembukuan) terhadap kebutuhan
biaya usaha setiap bulan.
· Meghitung keuntungan yang diperoleh setiap bulan berdasrkan hasil
evaluasi atau pembukuan.
Sedangkan
dalam hal pengadaan barang tugasnya yaitu :
·
Merencanakan jumlah barang atau produk yang akan
dikirim dari supplier.
· Melakukan komunikasi dengan pihak ketiga dalam proses pengiriman barang.
·
Mengatasi masalah yang
ada saat pengadaan barang.
Ø Bagian Produksi :
Aprilian Aminah
Dalam bidang pemasaran, tugas yang harus dilakukan adalah:
Membuat perencanaan dan jadwal proses produksi
· Mengawasi proses produksi
agar kualitas, kuantitas dan waktunya sesuai dengan perencanaan yang sudah
dibuat
· Bertanggung jawab mengatur
manajemen gudang agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan bahan
baku, bahan penolong maupuan produk yang sudah jadi di gudang
· Bertanggung jawab mengatur
manajemen alat agar fasilitas produksi berfungsi sebagaimana mestinya dan
beroperasi dengan lancer
· Membuat laporan secara
berkala mengenai kegiatan di bagiannya
· Bertanggung jawab pada
peningkatan ketrampilan dan keahlian karyawan yang berada di bawah tanggung
jawabnya
· Memberikan penilaian dan
sanksi jika karyawan di bawah tanggung jawabnya melakukan kesalahan dan
pelanggaran
· Berinovasi dalam pengerjaan
produksi dan memberikan masukan pada perusahaan yang berkaitan dengan bagian produksi
Ø Bagian Pemasaran :
Anindya Ayuningtyas
Mempunyai tanggung jawab dalam bidang pemasaran dan pelayanan
terhadap konsumen.
Dalam
bidang pemasaran, tugas yang harus dilakukan adalah :
·
Menentukan segmentasi konsumen yaitu siapa saja target konsumen yang
dituju (dalam hal ini, konsumen yang dipilih adalah Murid
sekolah, Mahasiswa, dan Pekerja).
·
Melakukan promosi kepada konsumen (salah satu contohnya adalah dengan
membuat iklan
di berbagai sosial media)
·
Memperkirakan jumlah barang yang harus dijual.
Dalam
bidang pelayanan terhadap konsumen, adapun tugasnya yaitu :
·
Memberikan
pelayanan terhadap konsumen sebaik-baiknya (Ramah dan mengutamakan konsumen).
·
Meningkatkan
pelayanan untuk konsumen dari waktu ke waktu (Contohnya adalah memberikan
diskon kepada konsumen yang royal).
·
Menerima segala macam saran dan kritik dari konsumen.
Komentar
Posting Komentar